Close

Jl. Sukabumi No. 17, Batu Nunggal, Kacapiring Kota Bandung | 022-7207113

  • 1x24 Jam

    Selalu Siap Siaga
  • Emergency Call

    113 / (022) 113
  • PHONE US

    022-7207113

Sejarah Singkat

Pada zaman Kota Bandung berstatus Gemente, penanggulangan kebakaran di integrasikan dengan pembangunan jalan-jalan utama, dibuat hidran yang sumber airnya dihubungkan dengan pipa air minum. Untuk memperkuat daya semprot air dibantu dengan pompa beroda disebut“ Aangang”. Saat Kota Bandung berubah status menjadi Kota Praja, Walikota Bandung pada saat itu R.Enoch yang kemudian dilanjutan oleh R. Priatna Kusuma menyediakan Mobil Pemadan Kebakaran yang secara luas ikenal dengan sebutan Branweer. Untuk pertama kalinya posko Pemadam tersebut bermarkas di Jl.RayaTimur atau lebih dikenaL Jl.Ahmad Yani No.296 Bandung. Para karyawan Pemadam Kebakran juga berdomisili di komplek tersebut.

Tanggal 2 Oktober 1962 Pemerintah Kota Bandung membentuk Urusan Pemadam Kebakaran (UPK) yang berada di bawah Dinas Teknis Penyehatan yang pada saat ini dikenal dengan PDAM. UPK itu hsendiri dipimpin oleh Adut bin Enur.

PadaTahun 1972 terjadi perubahan nomenklatur dari UPK menjadi Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) yang merupakan UPT di bawah Dinas Pekerjaan Umum Kotamadya Bandung.

Terjadi perubahan kembali yaitu yang semula di bawah DINAS PU menjadi UPTD di bawah Sub Direktorat Ketertiban Umum.

Berdasarkan Perda no.19 tahun 1980 maka berdirilah Dinas Kebakaran Kota Bandung yang berdiri sendiri, tidak berada di bawah naungan dinas lain.

Pada era Reformasi terjadi perubahan perubahan nomenklatur kembali menjadi Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK). Hal itu terjadi karena adanya perubahan UU penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dari UU No.74 Tahun 1975 menjadi UU No.22 Tahun 1999.

kemudian berubah kembali Nomenklatur menjadi Dinas Kebakaran karena berubahnya UU tentang pemerintah daerah menjadi UU No.32 Tahun 2004.

Dinas Kebakaran Berubah kembali dengan nomenkalatur yang sama tetapi terjadi perubahan susunan organisasinya berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Lembaga Teknis Daerah Kota Bandung, menyelenggarakan pemerintahan bidang Perumahan urusan Penanggulangan kebakaran.

Dinas Kebakaran berubah lagi menjadi Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung berdasarkan terbitnya Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 5 Tahun 2013  Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Lembaga Teknis Daerah Kota Bandung dan Peraturan Walikota Bandung Nomor 297 Tahun 2013 Tentang Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas dan Tata Kerja Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung, menyelenggarakan pemerintahan bidang Perumahan urusan Penanggulangan kebakaran.

Berdasarkan Terbitnya Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 08 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Kota Bandung dan Peraturan  Walikota  Bandung Nomor  1400  Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Kebakaran Dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung. Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung berubah nomenklatur menjadi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana dengan status tipe A, menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat sub urusan kebakaran dan sub urusan bencana. Hal ini untuk memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menjadi Undang-Undang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 58.

Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5679) dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 114, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5887).